Editorial
17 March 2020

Tips Social Distancing untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona



Tagar #dirumahaja semakin populer seiring dengan meningkatnya angka kasus positif virus corona di Indonesia. Presiden Jokowi pun menghimbau agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah dan menerapkan social distancing atau menjaga jarak. Agar social distancing yang kamu lakukan memberikan efek yang maksimal, yuk simak tipsnya, C’Lifers!

Dilansir dari vox.com, social distancing adalah salah satu metode pencegahan penyebaran virus corona dengan cara menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain dan menghindari keramaian atau pertemuan seperti acara pernikahan, konser, konferensi, dan transportasi publik. Lalu, gimana tips melakukan social distancing?

1. Hindari keramaian

Kalau tidak mendesak, sebaiknya kamu menghindari pergi ke tempat umum ya, C’Lifers. Dengan melakukan ini, kamu bisa terhindar dari kontak langsung dengan orang yang mungkin sudah terinfeksi virus corona. Mengikuti imbauan Pak Jokowi, kamu bisa melakukan aktivitas seperti kerja, belajar, dan ibadah dari rumah.

2. Hindari naik transportasi umum

Untuk kamu yang belum memiliki kendaraan, naik transportasi umum memang agak sulit untuk dilakukan. Jika kamu terpaksa menggunakan transportasi umum, pilihlah jenis transportasi yang tidak mengangkut banyak penumpang seperti ojek konvensional, ojek online, atau bajaj. Dengan meminimalisir bersentuhan dengan banyak orang, kita dapat mengurangi risiko tertular virus corona.

3. Manfaatkan layanan pesan makanan online

Sebaiknya kamu tidak terlalu sering makan di luar ya, C’Lifers! Manfaatkan layanan pesan makanan online yang sekarang mudah untuk kamu akses lewat smartphone untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Kalau kamu punya waktu luang dan peralatan masak, kamu juga bisa menyiapkan makananmu sendiri.

4. Berhati-hati dengan barang yang digunakan bersama

Tombol lift, gagang pintu, gantungan tangan atau tiang di dalam Transjakarta adalah beberapa barang yang kamu dan ribuan orang lainnya sentuh setiap harinya. Jika sulit untuk menghindarinya, usahakan kamu langsung cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah menyentuhnya. Berhati-hati saat menyentuh barang yang dipakai bersama dapat mengurangi risiko berpindahnya virus dari benda tersebut ke tanganmu.

Social distancing adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk memerangi pandemi yang sedang melanda. Selain itu, pastikan kamu menjaga kebersihan, tetap tenang, dan selalu mencari informasi terkini tentang virus corona di Indonesia.

 

Urusan kesehatan memang harus jadi prioritas kita semua. Kamu juga dapat menambahkan perlindungan asuransi kesehatan agar kamu jadi lebih tenang. Ingin tahu pilihan asuransi terbaik untuk kesehatanmu? Klik di sini.

 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan