Editorial
28 June 2024

Tips Mempersiapkan Keuangan di Masa Tua Agar Hidup Nyaman



Tips Mempersiapkan Keuangan di Masa Tua Agar Hidup Nyaman

tips mempersiapkan keuangan di masa tua

Saat memasuki fase lanjut usia, kebanyakan orang sudah tidak lagi memiliki penghasilan tetap dan beraktivitas dengan produktif seperti saat muda. Kalaupun mau, terkadang kondisi fisik pun tak lagi mendukung. Nah, supaya hidup Anda tetap nyaman, coba praktikkan tips mempersiapkan keuangan di masa tua ini.

3 Tips Mempersiapkan Keuangan di Masa Tua yang Nyaman secara Finansial

Bagaimana cara mempersiapkan hari tua agar tenang dan tak kekurangan? Coba lakukan ini;

1. Menghitung Kebutuhan Tahunan

cara mempersiapkan hari tua

Pertama-tama, Anda perlu menghitung pengeluaran yang Anda keluarkan per tahunnya. Aspek yang perlu Anda sertakan adalah kebutuhan primer, kebutuhan untuk perawatan rumah, layanan kesehatan, serta cicilan yang masih berjalan.

Mengetahui pengeluaran per tahun dapat membantu Anda mengkalkulasikan minimal biaya yang harus Anda miliki di masa tua.

2. Menabung, dan Disiplin Terhadap Tabungan

cara mempersiapkan keuangan pensiun

Menabung saja tidak cukup, Anda juga harus tertib dalam mengelolanya. Jadi, usahakan agar tidak mencairkan tabungan Anda sebelum waktunya.

Jika mau, Anda bisa aplikasikan prinsip 50 30 20 dalam menabung. Prinsip ini artinya Anda menyisihkan 50% untuk keperluan sehari-hari, 30% untuk memenuhi keinginan, serta 20% untuk ditabung.

Misalnya, gaji Anda adalah Rp3 juta per bulan. Maka, Rp1,5 juta merupakan biaya untuk hidup sehari-hari, Rp900 ribu untuk membeli barang impian Anda, dan Rp600 ribu untuk Anda simpan.

3. Pilih Produk Asuransi Terbaik

Asuransi Ciputra Target Dana

Tidak ada orang yang ingin merasa cemas di hari tua, terutama terkait perkara finansial. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa pilih untuk menggunakan Asuransi Ciputra Target Dana dan membayar premi tetap selama 5 tahun.

Tak hanya memberi jaminan di akhir masa pertanggungan, Asuransi Ciputra Dana juga bisa memberikan jaminan jika Anda meninggal dunia. Dengan begini, keluarga yang ditinggalkan pun akan terbebas dari beban finansial yang mencekik.

Yang jelas, apapun targetnya, Anda bisa amankan dana pensiun hingga 1 Miliar cukup 5 tahun dengan Asuransi Ciputra Target Dana. Dapatkan informasi selengkapnya dengan melakukan simulasi premi disini!