Editorial
19 July 2024

6 Keuntungan Asuransi Jiwa Kredit KPR untuk Rumah



6 Keuntungan Asuransi Jiwa Kredit KPR untuk Rumah

Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, mewujudkan rumah impian melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memerlukan waktu yang tidak singkat. Butuh waktu belasan bahkan hingga puluhan tahun sesuai tenor yang Anda pilih. Sehingga Bank Penyedia Layanan KPR mewajibkan untuk melengkapi pengajuan KPR dengan Asuransi Jiwa Kredit. Mengapa demikian? Simak penjelasannya berikut ini ya CiLifers!

 

Keuntungan Punya Asuransi Jiwa Kredit KPR

Pada dasarnya, asuransi jiwa KPR mirip dengan asuransi jiwa biasa yang memberikan pertanggungan jika Anda meninggal dunia baik akibat sakit ataupun kecelakaan. 

Namun, bentuknya bukanlah dana santunan yang bisa bebas digunakan, namun pembayaran KPR rumah.

Lebih tepatnya, apa manfaat memiliki asuransi ini? Berikut detailnya;

1. Lancarkan Proses Pengajuan KPR

Apakah asuransi jiwa wajib untuk KPR?

Mungkin Anda penasaran apa hubungan proses pengajuan KPR dan asuransi.  Apakah asuransi jiwa wajib untuk bayar KPR?

Faktanya, ya,  asuransi jiwa merupakan salah syarat utama untuk mendapatkan persetujuan untuk KPR.

2. Sebagai Jaminan pada Bank Sebagai Kreditur

Tidak hanya menguntungkan Anda sebagai pemilik polis, asuransi jiwa kredit KPR juga menguntungkan pihak bank. Pasalnya, asuransi tersebut berperan sebagai jaminan bahwa kredit Anda akan lunas meski Anda tak bisa lagi membayar angsuran.

3. Berikan Orang Terkasih Proteksi Terhadap Angsuran KPR

keuntungan asuransi jiwa kredit KPR

Perusahaan asuransi akan memberi pertanggungan dalam bentuk pembiayaan KPR jika Anda,pemegang polis, meninggal dunia yang membuat Anda tak lagi bisa produktif. Hal ini tentu akan meringankan tanggung jawab orang terdekat terhadap pembayaran KPR.

4. Miliki Skema Pencairan yang Bisa Disesuaikan

Sistem kredit joint income memudahkan Anda membayar premi bersama pasangan Anda. Dengan sistem ini, Anda bisa memilih skema pertanggungan first to die (pertanggungan cair jika salah satu pihak meninggal dunia) atau last survivor (pertanggungan cair jika kedua pihak meninggal dunia)

5. Hanya Dibayar Sekali

Pada dasarnya, biaya asuransi jiwa kredit KPR bergantung pada banyak aspek, termasuk usia, plafon kredit, serta tenor angsuran KPR. Namun, berbeda dengan beberapa asuransi lainnya, asuransi jiwa kredit KPR hanya Anda bayar sekali, yakni saat menjelang akad.

6. Hindari Penyitaan Properti

biaya asuransi jiwa kredit KPR

Praktik penyitaan properti bukanlah hal asing, terutama jika pemilik properti tak lagi bisa melunasi pembayaran rumah. Dengan menggunakan asuransi jiwa kredit KPR, hal ini bisa dihindari.

Ingin merasakan keuntungan asuransi jiwa kredit KPR seperti demikian? Lengkapi pengajuan KPR Anda dengan Asuransi Jiwa Kredit dari Ciputra Life. Lalu, nikmati hari-hari tanpa khawatir akan kehilangan hunian kesayangan bersama orang-orang terkasih.